Kamis, 02 Maret 2017

berubah (?)

Assalamu'alaikum!

setelah beberapa bulan menghilang, banyak perubahan mendasar yang saya alami di dunia nyata. Salah satunya adalah masa transisi siswa kelas 12. Dari sinilah, berbagai alibi bermunculan untuk nggak login.

"Males lah, sejam lagi les"
"Tugas masih banyak banget,kapan selesainya?"
"Laptop hang lagi"

Dan masih banyak alibi lainnya.

Disaat para blogger yang lain sibuk memikirkan ide-ide baru yang cemerlang, saya cuma bisa nyimak sambil baper. Ada temen yang sampai nanya,"Kamu kapan bikin post lagi?", saya balas singkat," Aku lagi capek, nanti aja lah." sambil ngeloyor pergi.

Oh iya, kalo ada yang nanya kabar laptop saya yang suka ngehang,
Alhamdulillah, sebenernya masih bisa dipake kok. Meskipun, udah nggak bisa diandalkan lagi buat browsing (selain karena masa berlaku modem udah kadaluarsa) dan keyboard yang suka error ditengah-tengah ngerjain tugas bikin rasanya jadi 2 kali lipat stress bergelut dengan kartul jadi yaa sudahlah :)

Namun, dibalik semua alibi tersebut, saya belajar bahwa masa kelas 12 yang saya alami sekarang, adalah masa SMA paling menyenangkan. Saya yang awalnya nggak suka drama dan puisi, sekarang jadi suka latihan dramatisasi puisi karena tugas ujian praktek basindo. Saya yang di kelas 10-11 disibukkan dengan ego dan ambisi ekskul, sekarang sadar betapa banyak hal-hal lain yang lebih penting dari sebuah jabatan yang didapat karena hasil diklat. Saya belajar bahwa minta izin konsultasi ke guru pembimbing kartul nggak semudah minta izin BK buat print proposal. Saya juga sadar tentang keadaan indonesia yang sedang didera isu sara (maaf, saya disini tidak memihak kepada siapapun, semoga Allah swt selalu menyertai kita) dan bagaimana menyikapinya, dimana karena kasus inilah banyak teman-teman satu sekolah yang pikirannya menjadi lebih terbuka (dan hobi debat dikelas, cukup tahu aja). Juga kenangan-kenangan indah bersama teman-teman yang lebih solid. Intinya, saya merasa kelas 12 adalah masa paling seru diantara masa-masa sebelumnya.

Entah hanya saya yang merasakannya, atau sudah hal umum bagi kelas 12 memikirkan 3 poin ini:
buku tahunan, SNMPTN, dan ujian.

Mungkin, saya bisa memandang ketiganya dari sudut pandang sendiri. Namun, kali ini saya akan menceritakan tentang SNMPTN dan ujian. Sedangkan buku tahunan akan saya ceritakan pada beberapa post lanjutan.

Menurut kalian, apa trending topic di Indonesia saat ini?
Kalau kalian menjawab "kedatangan Raja Salman dari Arab Saudi", bagi kami hanyalah sebuah isu sampingan, walaupun nggak salah sih sebenernya.

Trending topic kami saat ini adalah Ujian "Akhir" sekolah dan USBN, yang InsyaAllah dilaksanakan mulai tanggal 16 maret, dan memakan waktu 2 minggu. Selepas itu, jadwal pemadatan UN hingga "puncak" tanggal 10-13 April. Tentu, selain memperketat jadwal belajar, saya mewakili teman-teman kelas 12 se-Indonesia mohon doa restunya, semoga dimudahkan dalam mengerjakan ujian, Aamiin. Semangat berjuang teman!

Yang kedua, SNMPTN.
Saya, tidak termasuk siswa "beruntung" yang berhak mendaftar.
Walaupun saya bukan satu-satunya.
Sedih? iya. Rasanya sedih, kesal, malu, tapi nggak tahu mau bersandar pada siapa.
Tapi, setelah melalui fase 3 hari yang penuh derita (gegara murid-murid pamer), saya akhirnya sadar, bahwa ini adalah taqdir.
Mungkin rezeki saya ada di SBMPTN, dan kabar baiknya saya memiliki waktu persiapan yang lebih, baik sisi fisik, mental, ilmu, juga pilihan. Toh, saya juga diberi kesempatan untuk lebih yakin terhadap jurusan yang saya ambil, juga doa yang saya panjatkan.
Saya nggak akan banyak bercerita tentang hal diatas. Sakit rasanya. Tapi saya akan mendoakan kalian wahai para pejuang SNMPTN, semoga Allah mempermudah kalian. Juga SBMPTN kami di bulan Mei nanti, lalu kita dipertemukan dalam kesuksesan bersama. Aamiin.

Setelah ini pun, saya nggak tahu kapan bisa bercengkrama lagi, dalam tampilan platform website yang membuat kita lebih "hidup" lagi. Tapi, saya akan berusaha meluangkan waktu lagi, setelah bulan-bulan yang penuh gelombang ini.

Akhir kata, sampai jumpa!

~03032017~
Disaat orang ini lagi ngepost di warnet sambil streaming anime dan menahan lapar xD

2 komentar: