Minggu, 17 April 2016

Di Balik Raport

Assalamu'alaikum !

              Setiap kejadian memiliki makna tersendiri pada setiap orang, tergantung bagaimana sudut pandang seseorang tersebut terhadap kejadian yang dialaminya. Entah itu kejadian yang disengaja maupun yang menjadi takdir. Dan sesedih apapun kalian mengalami kejadian tersebut, tetap ada alasan untuk bersyukur.

Siang ini, Sekolah saya mengundang para wali murid untuk sebuah pengambilan raport.



Jujur, H-1 pengambilan raport saya seolah baru tersadarkan bahwa sebentar lagi saya akan memasuki masa-masa kritis.


               Saya duduk di bangku kelas 2 SMA sekarang. Soal status saya ini, banyak sekali yang tidak percaya (atau mungkin tidak peduli?) karena wajah saya terlihat 'childish' untuk ukuran seorang siswi berusia 16 tahun. Pernah suatu ketika, saya ikut ayah ke rumah salah satu relasinya. Ketika relasi ayah menyadari keberadan saya, beliau berkata, "Ini putrimu?" sambil menunjuk saya, dan ayah menjawab, "Ya, kelas 11 sekarang."

Beliau memandang saya heran,"Lho, udah SMA ya? kirain kelas 2 SMP"

Kelas 2 SMP? serius? Ini kenapa saya jadi kecil banget?

Kata-kata relasi ayah tadi hanya contoh dibalik puluhan kejadian lainnya. Kadang kalau terulang lagi jadinya sebel dan akhir-akhirnya ngeluh sama ibu kenapa saya punya perawakan mungil.

Eh,maaf. Jadinya malah curhat. Kembali ke H-1.

                Saya yakin di setiap sekolah pasti mempunyai ciri khas masing-masing. FYI, Sekolah saya adalah sekolah swasta. Kami libur di hari jum'at (untuk persiapan shalat jum'at bagi siswa laki-laki), dan masuk di hari minggu. Pelajaran olahraga di sekolah menggunakan sistem jam ke-0 (sekitar jam 05.30 pagi) dan kelas saya mendapat jatah olahraga di hari minggu. Jadi, bagi kalian yang tidak pernah merasakan hari minggu masuk sekolah pagi, bersyukurlah karena kalian nggak harus mupeng gara-gara nggak bisa menikmati hari libur keluarga. Hari minggu (bisa jadi) lebih memberatkan karena mapel setelah olahraga adalah fisika. Iya fisika. Kelian nggak salah baca. Udah capek-capek olahraga masih harus mikir keras. Alhamdulillah, guru fisika kami tidak pernah menjadwalkan ulangan setelah olahraga.

Tapi saya tetep remidi juga T_T

                Pengambilan raport diadakan di hari minggu, dan sayangnya nggak ada keringanan hari libur. Jadi kami tetep harus masuk jam ke-0. Teman-teman  melakukan tindakan aneh, mulai dari memohon keringanan ke guru, rencana bolos bareng, sampai mengirimkan pesan-pesan di grup whatsapp dan 'mengancam' guru agar ada jam kosong. Mereka juga izin satu-persatu, dari mulai sakit (entah sakit beneran atau disakitin?), izin (padahal nggak pernah ngirim surat izin), sampai bolos beneran. Alhasil, guru-guru terpaksa memberhentikan kami pada jam ke-6, atau sekitar jam 11 siang  (padahal harusnya sampai jam 13.30) yang kami sambut dengan bahagia. Akhirnya, kami bahagia.

Hingga akhirnya saya melihat hasil raport, biasa aja sih.
Tapi kok kayaknya ada sesuatu yang bakal hilang.

                Periode kelas 11 ini tinggal sebulan lagi. Nggak kerasa banget. Kayaknya baru kemarin saya curhat sama temen kelas lain kalau, "kelasku sekarang tuh sempit banget, panas, dekat kamar madi pula". Kayaknya juga baru kemarin saya kenalan sama adik-adik kelas yang lucu-lucu, Kayaknya baru kemarin kumpul ekskul pertama setelah jadi senior, dan banyak lagi 'kayaknya baru kemarin' yang nggak bisa disebutin satu persatu.

Tahun depan adalah tahun yang berat, kawan.
Tapi nggak papa,selama kita yakin dan percaya, pasti Allah akan membukakan jalan. Jangan menyerah sampai sini ya, jalan kalian masih panjang.

Dan makna saya terhadap raport, adalah bagaimana saya, merenung tentang kejadian yang telah lalu, dan peluang yang dijadikan tidak terduga hadirnya, juga hikmah yang akan suatu saat bisa kita renungkan kembali.

~170416~
#janganlupabersyukur





12 komentar:

  1. Lho, unik juga masa hari Minggu masuk sekolah. Padahal di kalender biasa pun hari Minggu itu tanggal merah (yang artinya libur). Mungkin itu kebijakan tiap sekolah, pasti beda.

    Btw, kita seangkatan dong berarti. Gue juga kelas 11.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ggak terlalu unik juga mungkin, karena sekolahku sekolah swasta (islam) dan di solo beberapa sekolah juga menerapkan libur jum'at.
      Pertama kali ngalamin ini waktu SMP, kaget tapi lama-lama juga biasa.

      Oh, kelas 11 juga. iya samaan. tapi kamu lebih meyakinkan mungkin (?)


      Hapus
  2. Wah kalo di Peklaongan sekolah libur hari jum'at itu biasa, apalagi sekolah yang islam gitu emang liburnya jum'at.

    Soal Remdii, kamu jangan khawatir, aku juga panitia Remidi Fsiika, nilai Fisika tertinggi ku cuma 75 :( dan itu pun masi Remidi. Makanya aku milih IPS. Aku lelah remdii terus. :'')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeey, ada temennya!
      Iya mbak, katanya selain buat persiapan jum'atan, juga kerena banyak kejadian luar biasa di hari jum'at. katanya sih.

      Aku juga lelah remidi fisika, tapi entah kenapa aku tetap mencintai sains XD

      Hapus
  3. Iya ih unik banget aku baru tau ada yang masuk di hari minggu, dan justru jumatitu hari libur.
    Tp gak papa sih, karna hari jumat itu emang rasanya pendek
    Waaaah udah kelas 3 dong, tahun ini UNAS. Semangat yaa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unik banget mbak emang,dari sekolah di surakarta yang nerapin sistem ini bisa dihitung dengan jari.sedih :(
      Masih kelas 2 kok mbak, belum siap jadi kelas 3 sih hehe.

      Hapus
  4. Gue malah bingung sama anak-anak sekarang, postur tubuhnya besar dan tinggi. Ya, masa anak SMP tingginya ada yang sama kayak gue. Sebagai mahasiswa gue merasa gagal. :(

    Baru kali ini gue tau ada sekolah yang hari Minggu masuk. Gokil sumpah! Tapi karena jadwalnya untuk olahraga, menurut gue malah bagus. Daripada leyeh-leyeh di kasur. :p
    Tapi sayangnya, habis olahraga malah belajar Fisika. Ini yang bikin males, ya. :(

    Asyek, sebentar lagi udah mau kelas tiga. Semangka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,kak. Pernah ada adik kelasku yang ngira aku temen seangkatannya.
      Sebagai kakak kelas aku juga merasa gagal :(

      ya sih. Tapi kadang ditinggal ortu atau keluarga ke luar kota atau liburan. Itu asli nyesek.

      Fisika semakin hari semakin menyenangkan :)

      semangat juga buat kakak dan yang lainnya.

      Hapus
  5. Pertama2 salam kenal. Sy bru berkunjung disini. Sy follow blognya ya, soalnya sy suka isinya, selalu punya nilai dakwah disetiap tulisannya.

    Klw kita bcara bersyukur, sy selalu teringat surah Ibrahim "Lain syakartum. La adzidannakum. Walain kafartum inna adzabii lasyadid"

    Ayat itu selalu jjdi ayat andalan oleh teman2 sy ketika salah 1 dri kami mengeluh. Sy dulunya mantan ktua rohis d sekolah sy, teman2 sy anak2 rohis smua. Jadinya ktanya selalu saling menasihati. He he, jadi ingat masa lalu deh -_. Skrg sdh mau berpisah2 melanjutkan pendidikan masing2. Kok malah curhat ya. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal juga. Jazakallah khairan atas partisipasinya. Sebenarnya blog ini buat menyalurkan pikiran aja. Alhamdulillah bermanfaat.


      Ya. Bersyukur memberi kita lebih banyak nikmat. Setuju!

      Nggak masalah. Saya anak rohis juga, tapi berusaha untuk mengenal anak-anak lain. Jadi bukan cuma di rohis.
      Kadang udah dianggap saudara sendiri, terus harus berpisah itu sedih rasanya.

      Hapus
  6. semangat ya, tetap jalani hidup. Ane juga ngalamin derita sama libur hari jum,at. Urusan Fisika, fisika emang udah biasa-----taukan maksud ane... :') Semangat lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga ya, Tetap jalani hidup dengan cerita, hammas!
      Ngg... I know what you feel yes. Sedih ya :(

      Hapus